Thursday, April 4, 2013

The birth of Keyla


Is it just me or minggu ini kayanya cepet banget yesss???(engga juga sih..lo aja kali yang ngerasa begitu,engla)..yada yada..emang yeee kalau sudah beranak kicik begini,hari-hari tuh udah ga kerasa lagiii..apalagi working mom kaya akik.bangun pagi udah beberes mau ngantor,pulang kantor udah sore trus unyel-unyelan sebentar sama anak.tau tau udah malem aja.trus tedorrrr..begitu aja setiap hari.ya ga berasa deh tau2 udah satu minggu aja.ga kerasa keyla udah gede ajaa.udah bisa teriak-teriak ngajak becanda (jam 4 pagi dikala mata ibu masih sepet se sesepet sepetnya dan keyla udah ga mempan lagi dikasih obat bius alias tereroket ibu.dan hasilnya adalah ibu nyetir ke kantor sambil ketiduran di lampu merah *dont try this at home!).ihh seriosa deh,nek.anak gadis ana udah gedang aja loh sekarang.pasti ntar ga kerasa udah masuk sekolah aja,trus ga kerasa ngebeliin beha pertama kali,udah curhat tentang cowo sama ibunya,trus udah mau nikah aja..ahhh jangan terlalu cepet gede yaahh,nak..ibu masih pengen unyel-unyelan,masih pengen dipipisin,masih pengen gendong-gendong nihh.. *mewek

hari ini kika mau cerita apipa yahh??kemaren kan cerita bapake sudah.lagian males ahh nyeritain bapake melulu,sudah dipuja puji setinggi langit tetep aja ga dibeliin tas baru.waktu ditanyain "jadi kapan nih ibu dapet tas barunya".eh diana malah jawab ntar aja kalau kita yalan-yalan ke singaparna.ya gusti.lambrettta itu mah.soalnya kapan rencana yalan-yalan ke singaparnanya itu hanya dia dan tuhan yang tau.jadilah si istri ngambek dan ga mau puja-puji suami lagi dan berencana akan melakukan pembobolan kartu atm misua aja lalu dibawa ke emol untuk dibeliin tas baru mendoakan misua di dalam sholat tahajud dan dhuha agar misua terbuka hatinya untuk membelikan tas baru. *cetek.

baiklah kalau ga mau nyeritain tentang misua,saya mau nyeritain tentang neng keyla aja deh.proses brojolnya neng keyla lebih tepatnya.sejak dinyatakan hamidun oleh om dokter,akik dan misua memang senangnya luarr biasaaaa.tapi ga menjadikan kita pasangan yang parnoan.pokoknya asal ga membahayakan janin ya hajar bae lahhhh..mulai dari pulang kampuang ke padang,yalan-yalan ke bali dan kuala lumpur kita jabanin.kalau masalah makanan pun akik ini menjadi sangat sangat omnivora.semuanya dimakan.selama hamil kan kika sampai ganti dokter 5 kali loh,ceman-ceman.kenapipa?soalnya ada aja ga sregnya.dari dokter yang ga banyak omong,ana dan misua ga suka.soalnya iriit banget ngomongnya.kalau ga ditanyain ya diana ga bakal ngasih tau apa-apa.kan aku cebell cebel cebel.udah gitu pantangan makanannya buanyak bener.seafood ga boleh.steak ga boleh,sate ga boleh.lah ngana kan jadi benci.trus pindah ke dokter perempewi,itupun kika ga suka.soalnya yassalam judesnya ngalahin ibu tiri lala di sinetron bidadari deh *duile jadul amat tontonannya.eh sebenernya ga judes juga sih.cuma mungkin karna dia tau ya rasanya hamidun dan melahirkan,jadi dia ngerasa its not a big thing.padahal ana yang baru pertama kali hamil ini kan semuanya harus hati-hati *halah bilang aja manja.sekalinya ke dokter perempewi bikin ana kapok ga bakal kesana lagi.waktu itu gue kan keluar cairan gitu.jadinya kan panik yes.makanya dibawalah ke dokter perempewi ini.diana bilang "kita cek pake kertas lakmus ya.buat ngeliat itu air ketuban atau engga".dan dimasukkanlah alat yang gue gatau apa namanya itu ke dalam vajayjay ana tanpa permisi dulu sama si empunya.ya tuhan ya gusti.rasanya ngiluuuuuu.pernah juga ke dokter yang sudah sangat senior.satu kali praktek pasiennya bisa 40 aja loh,sedara sedara.hal ini pun bikin kika mundur teratur.cemana kika mau bertahan.ngantri 40 pasien,pas giliran gue dipanggil udah keburu melahirkan ini.sampai akhirnya perjalanan menemukan dokterpun berhenti di dokter musa soebiantoro.haduuhh,cinta deh sama dokter ini.dokternya ga pelit informasi,suka becanda,santai,pasiennya ga sampe ngantri berjam-jam,dan yang terpenting ana boleh makan apa sazaa  (kecuali makanan mentah.ya anapun memang ga doyan makanan mentah).

dari awal hamidun emang akik berniat nanti cuti melahirkannya kalau udah deket mau lahiran aja.biar sama anaknya lama.jadinya sampe hamil udah 37 minggupun gue masih ngantor.i tell you yah hamil gedang dan harus bangun pagi trus ngantor itu beneran bukan hal yang gampang lohhh.bangunnya aja subhanallah susahnya ngangkat badan yang udah bak karung beras ini.dan gue masih nyetir aja loh waktu itu.jangan tanya gimana rasanya??berat bokkk.perjuangan dimulai dari bangun pagi dengan kaki kram,dilanjutkan dengan mandi yang ala kadarnya karna gosok-gosok badan udah mulai susah,dilanjutkan dengan nyetir ke kantor dimana gaya nyetir gue udah bak sopir truk karna kehalang perut.perjuanganpun dilanjutkan di kantor.perut buncit begini mana tahan duduk di kursi lama-lama.ya encok lah,ya kaki kesemutan lah,ya kegerahan lah,ya pusing lah.kumplit deh.untungnya jarak rumah ke kantor itu ga terlalu jauh yaa.jadi kalau istirahat siang,akik bisa pulang kerumah untuk makan siang,sholat dan bobo bobo ciang sebentar lalu mandiii dan kembali lagi ke kantor.begitulah setiap hari.sampai pada waktu hamil 38 minggu.hari kamis tanggal 4 oktober 2012.gue ngerasa kok ini bayi di perut gerakannya udah berkurang yah.ga seperti biasanya yang selalu akrobat di perut buncit sexy ibunya ini.sesuai dengan petuah dokter musa soebiantoro,kalau ngerasa gerakannya berkurang harus langsung dibawa ke rumah sakit ya untuk di CTG.makanya sore itu berancuss lah gue dan mamita ke rumah sakit untuk minta di CTG.setelah di CTG tanpa diberitahu hasilnya,gue malah disuruh menemui dokter musa yang kebetulan waktu itu lagi praktek.dan dokter musa pun bilang detak jantung bayinya sedikit berkurang sementara gue belum ada kontraksi.gue yang ga mengerti apa-apapun jadi bingung.lalu aku musti apa?apakah perut ini harus dibelek untuk mengeluarkan si bayik.ternyata engga.sebagai dokter yang pro normal,dokter musa ini ngasi gue obat untuk merangsang kontraksi.obat itu ditempelin dibawah lidah.kata om dokternya abis masang obatnya disuruh tunggu dulu 15 menit buat ngeliat reaksinya.kalau langsung mules-mules ya gue langsung tinggal dirumah sakit untuk proses brojol.tapi ternyata ga mules tuh.biasa aja.maka pulanglah gue kerumah dan sempet-sempetnya loh mampir sebentar ke informa kemang liat liat peralatan rumah karena waktu itu lagi sibuk pindahan rumah.sampe dirumah udah malem.perut mulai mules-mules.tapi ya frekuensinya masih ga teratur.jadilah niat berancuss ke rumah sakit diurungkan.sampai hari sabtu pun ini anak di dalam perut masih betah ajaa.iyadahh perut ibunya empukkk kaya kingkoil.akhirnya akik dan misua pun kembali lagi ke dokterdi hari sabtu dan ngadu ke sang dokter, "dok,masih belum lahir nih".akhirnya disuruh CTG lagi buat ngeliat gimana detak jantung si bayik.kalau detak jantungnya masih kurang,berarti gue harus melahirkan dengan cara dibelek hari itu juga.tapi Alhamdulillah detak jantungnya normal.lalu si dokter ngasih obat untuk merangsang kontraksi lagi.katanya kalau selasa masih belum ada tanda tanda brojol,balik kesini lagi yah.siap pak dokter.ditunggu tunggu dong sampe senin,kok ya si anak masih ga nongol nongol.malah mulesnya pun udah makin berkurang.obatnya udah ga mempan lagi.maka di hari selasa sore,kembali lagi lah gue ke dokter musa dan merengek lagi "dok,masih betah nih dia".dokternya nyuruh CTG lagi plus periksa dalem ya..HWATTT???apa itu periksa dalem???sepertinya mengerikan.bukan hanya sepertinya loh.memang beneran mengerikan.setelah di periksa dalem sama suster disana,ternyata susternya bilang "Wah ini udah bukaan dua ya.kayanya langsung tinggal disini aja deh".gue pun kaget.lahhh begimana inihh???gue kan belum persiapan mental buat melahirkan hari ini.waktu itu jam setengah 5 sore.perkiraan dokternya sih nanti kira kira jam 12 malem deh lahirnya.

Oke sip.berarti gue sebentar lagi akan melakukan perjuangan hidup mati.*keringet dingin mengucur*

setelah periksa dalem,susternya bilang mau diinfus.tapi gue shalat Ashar dulu.ahhh waku sholat itu gue langsung nangisss loh *tuh kan sekarang aja ngebayanginnya jadi ikutan nangis juga*.ga ngerti deh nangisnya kenapa.ya takut,ya seneng,ya ngerasa sanggup ga gue jadi ibu yg baik.mixed feeling.waktu itu gue ditemenin mamita.mamita pun keliatan wajahnya tegang.di dalam do'a gue waktu itu gue hanya minta satu "ya Allah tolong mudahkanlah kelahiran anakku dan selamatkan lah dia".hanya itu.soalnya gue suka denger cerita orang orang yang sampe berhari hari nunggu pembukaannya komplit,gue kan atut.apalagi gue ini kan ga kuat nahan sakit *baca:cengeng,jadi ga kebayang kalau harus mules mules berhari hari.

Setelah selesao sholat,gue pun balik ke ruangan.ketemu misua yang buru buru dateng dari kantor.langsung nangiss..*cengeng..bodok!! ga lama setelah itu papita pun nelfon dari padang,nangisnya jadi makin kenceng.takutttt ceu.

pas gue liat jam,udah jam 5 sore.gue langsung disuruh tiduran dan susternya bilang "di infus ya".oke.sus.setengah jam setelah itu periksa dalem lagi (i tell you ya..periksa dalem ini rasanya sakittt banget..setiap periksa dalem gue pasti nangis),dan ternyata udah bukaan 4.masih belum terlalu sakit sih.paling cuma mules sekali sekali doang.masih bisa bbman,masih bisa ngobrol,masih bisa ketawa.satu jam setelah itu di cek lagi,udah bukaan 5.sakitnya mulai kerasa.makin lama makin sakit.sampe dokternya bilang "matiin dulu aja infusnya".ealah baru gue nyadar ternyata gue itu di induksi toh.pantes sakitnyaaa marathon benerrr..setelah itu dokternya ngomong "kamu pengen normal kan?kalau iya,harus ditahan ya sakitnya.biar infusnya dinyalain lagi".gue hanya mengangguk lemah.sakarepmu deh dok.makin lama sakitnya makin maha dahsyat.rasanya ga bisa digambarin deh.setiap sakit,gue peluk mamita atau remes remes tangan misua.jam 7 di cek lagi ternyata udah bukaan 7.ya gusti jangan ditanya sakitnya kaya apa.pokoknya gue teriaknya heboh banget."ma,operasi aja.gak kuat,ma.udah operasi aja".dan kalimat itu diulang berkali berkali.misuapun sempet sempetnya ngomong "ayo coba pernapasan waktu senam hamilnya gimana.kan sudah diajarin".udah kaga inget lagiiiii!!!!!!!bisa napas aja udah untung.apalagi bisa praktek pernapasan yang diajarin waktu senam hamil.jam 8 di cek lagi dan sudah bukaan 8.jangan ditanya ya ceman ceman gimana rasanya.pokoknya gue sampe gemeteran nahan sakitnya.nangis kejerrr banget sambil minta ampun sama mamita.inget perjuangan mamita waktu ngelahirin gue dulu.ternyata emang beneran perjuangan hidup dan mati.jam 8 lewat 15 deh kayanya,bukaan udah lengkap dan gue langsung dibawa ke ruang bersalin.mamita hanya nganter sampe ke pintu aja dan abis itu berbisik "baca bismillah ya,nak.berdoa terus sama Allah".gue pun masuk ke ruangan di temenin suami.

Baiklahh..perjuangan selanjutnya akan dimulai.

di ruang bersalin gue dipandu untuk ngeden.ih waktu senam hamil dulu gue jago banget loh praktek ngedennya.bahkan gue jadi contoh buat ibu ibu hamil yang lain."nah ngedennya kaya ibu engla ini ya,ibu ibu".gue pun bangga dan langsung optimis nanti pas melahirkan beneran pasti langsung brojol lah...tapi kenyataannya bagaimana???

setiap gue coba ngeden pasti dokternya bilang "ngedennya salah.bukan begitu.ulang lagi".dan setiap gue ulang ngedennya,selalu salah melulu..gimana bisaaa gue salah ngedennn????sampe akhirnya gue bilang "dok,ga kuat lagi.istirahat dulu".sempet sempetnya ye minta istirahat dulu.dikira lagi maen sepakbola apa yak.tapi ya ituu..gue capek bangett rasanya..lemesss..sampe akhirnya gue disuruh ngeden lagi yang terakhir kali dan gue liat dokternya megang alat.dan ternyata itu adalah vacuum.iyak.karena gue udah ga kuat ngeden lagi,kecapean.jadi dibantu dengan vacuum.

Akhirnya si bayi keluar.tapi ga nangis.cuma ada suara "ihik" doang sedikit.gue waktu itu sempet ngomong ke dokternya "dok,aku mau IMD".tapi dokternya bilang "ga bisa.bu.anaknya harus dibantu dulu".gue ga sempet ngeliat muka si bayi waktu baru lahir.karena dia langsung dibawa kabur sama suster dan diikutin sama misua gue.bingung dong.anak gue kenapa??kok dibawa kabur begitu???

setengah jam setelah itu,misua balik ke ruangan gue diikuti dengan suster yang bawa bayi didalem inkubator.gue cuma bisa ngeliat dari jauh.no kiss and hug.ternyata anak gue udah terlalu lama di jalan lahir karena ibunya ga kuat ngeden lagi.dia udah keminum air ketuban dan kekurangan oksigen.makanya waktu lahir ga nangis.i'm so sorry,honey.ibu was so tired.

daaannnnnnnnnn....begitulah cerita lahirnya AQILLA AZZAHRA EFFENDI.

semoga neng keyla bisa jadi anak yang sholehah dan kebanggan semua orang yang menyayangimu ya,neng..

ibu cant tell you how much i love you.u cant count it,darling.

No comments:

Post a Comment