Thursday, September 19, 2013

I want my baby to be like .....

i want my baby to be like

1. my husband :

a. who loves reading

 suamiku ini demen banget membaca.segala macam buku,koran,novel,brosur apartment,brosul kredit mobil,semuanya dibaca.semua berita terkini diana pasti tau.berbeza banget dengan gue yang sepertinya tidak berteman dengan bahan bacaan (kecuali tabloid gossip!).bagi gue,suami bagaikan ensiklopedia berjalan.gue bisa menanyakan segala hal kepadanya.literally,segala hal.mulai dari masalah resep masakan (diana lebih jago masak daripada daku) sampe ke masalah perekonomian masa kini.mungkin hanya satu yang dia ga tau.yaitu perkembangan artis saat ini (yang begini sih bagian gue ),soalnya dia ga demen banget liat infotainment.setiap gue lagi khusyu melototin berita artis,pasti dia berkomentar pedes.lebih pedes dari sambel bu rudi.dari jaman masih hamidah dulu,mama mertua selalu mengingatkan gue untuk rajin baca buku biar anaknya juga ikutan rajin baca (oh sekarang gue tau kenapa misua doyan baca),tapi yah apa mau dikata.jaman hamidah,gue lebih seneng nonton ftv dan si doel anak sekolahan.nasi sudah jadi bubur.tapi walaupun begitu,buburpun masih bisa dibikin bubur ayam.yang artinya adalah belum ada kata terlambat.walaupun waktu hamidun,akik males baca buku.bukan berarti anakku ga bisa kaya bapake yang doyan baca. *jejelin keyla pake roti pengingat kaya di film doraemon.


b. with his sense of music

i love music.tapi pengetahuan gue tentang musik itu cetek banget.ibaratnya adalah kalau di majalah bobo itu yang gue baca cuma bagian paman kikuk,husin dan asta nya doang.gue ga baca bagian bobo dan keluarganya (bapak,emak,bibi titi teliti,coreng,upik),gue ga baca bagian oki dan nirmala,gue ga baca bagian bona dan rong rong.ya begitulah.gue cuma dengerin musik yang gue suka.ya semacam musik yang bisa bikin bakan jogedan.sementara untuk musik lain,matikan saja.alias akik tidak suka dan tidak mengerti.berbeda dengan misuaku.diana tipe orang yang demen ngedengerin musik apa aja.selera musiknya bagus.kumpulan lagu lagunya pun bervariasi.sedangkan kumpulan lagu ku di aipun,sedikit.waktu masih hamidun,misua demen banget nyuruh gue dengerin berbagai macem musik ke perut mulai dari dengerin osolomeo nya om pavarotti sampe seluruh lagu the beatles sambil berkata "biar selera musiknya bagus ya,nak.ga kaya ibu.*timpuk pake tape mini compo.

c. Hemat

Suamiku ini hemat banget.makanya gue ingin anak tertayaoung ini menjadi seperti bapake.jangan seperti mamake yang kalau gajian langsung happy,pertengahan bulan udah merengek "gak ada duittt".kalau akik dan misua berlibur,pas baru berangkat dompet boleh sama sama tebel.tapi kalau udah balik ke rumah.dompet ku tipis sementara dompet misua masih gendut. *nyolong dari dompet suami.

d. Si pemberani

akik ini penakut.cemen.semuanya takut.mati lampu,teriakkk..nonton film horror,seminggu kaga bisa tidur.ditinggal dirumah sendirian,mewek.berada di gedung tinggi,gemeteran.ngeliat orang brewoknya tebel,jiper.ngelayat orang meninggal,nyari tempat duduk paling pojok.setiap tidur gue selalu selimutan.mau itu lagi bobo siang dan panasnya membara,gue tetep harus pake selimut.soalnya gue takut nanti ada setan yang muncul dari bawah kasur terus kitik kitik telapak kaki gue *dahsyat ya imajinasi gue.makanya gue pake selimut.biar telapak kaki gue ketutup.sementara misuaku???gue heran.ini manusia kaga punya perasaan apa gimana sik.dia mah ga pernah takut.emang sih level ke parnoan gue ini diatas rata rata banget.kadang gue sendiripun merasa terganggu dengan jiwa cemen gue ini.tapi apa mau dikata.terlanjur basah,ya sudah mandi sekali.makanya gue ga mau neng keyla cemen kaya mamake ini,yang kalau haus tengah malem terus harus bangunin orang dulu minta ditemenin ambil minum keluar kamar.gue pengen anakku pemberani macam bapake,yang berfikir full dengan logika.not like me,the cemen one.



2. My Father

a. with all of his achievements

aku ingin anakku menjadi seperti ayahku with all of his achievements.not like me.under achiever.since i  was child,ayahku selalu menyemangatiku.tapi ya emang dasar anaknya aja yang bebeww,jadi ya gitu deh.selalu merasa "hmmm kayanya aku ga sanggup deh begitu".and i dont want my baby to be like me!!aku ingin dia selalu merasa bahwa semuanya itu pasti bisa diraih asalkan berusaha semaksimal mungkin.saya adalah tipe orang yang gampang menyerah.jika sudah mengalami sekali gagal,saya tidak akan mau lagi mengulanginya.and please,keyla.don't imitate me.jadilah anak yang tidak pernah menyerah dan selalu berjuang mencapai keinginan.

b. with his confident

bapakku ini lahir di maninjau.sebuah kampung di Sumatra Barat.keluarganya pun bukan keluarga berkecukupan.he is the eldest brother and has 9 little brothers and sisters. tapi dengan kepercayaan dirinya.beliau mampu sekolah hingga s3 dengan beasiswa.he has travel around the world tanpa biaya sendiri alias dibayarin kantor.padahall,his english is not that good.dari kicik mana pernah beliau belajar bahasa inggris.my english is sooo much better than his.tapi bapakku ini tidak pernah putus asa dan merasa minder.dia selalu percaya diri.dulu jamannya gue masih SMA,bapakku ini private belajar bahasa inggris dirumah,kemana mana bawa kamus elektrik.kalau lagi dinas keluar negri,diana bawa kamus kecil yang isinya percakapan sehari hari bahasa inggris.hingga akhirnya sekarang bahasa inggrisnya jauhh lebih baik.beliau tidak pernah merasa minder,mau bahasa inggrisnya ngaco dan berantakan,tapi kalau ngomong sama bule gayanya meyakinkan.hajar blehh mau bulenya ngerti atau kaga juga diana kaga peduli.sekarang sejak punya gadget canggih,bapakku ini demen banget nonton yutup yang percakapan bahasa inggris.berbeza sekali dengan gue.akik ini orangnya minderan.kalau ga yakin bisa,ya i wont try.takut nanti salah terus diledekin.cupu sih,i know.makanya,i dont want my baby jadi seperti mamake ini yang cupu.ngomong didepan orang,gemeteran.maju buat presentasi,jantung langsung kebat kebit.ketika gue baru lulus master di melbourne dan masih berstatus pengangguran,dimasukin sama mamake ke john robert power.dengan harapan si anaknya ini bisa lebih percaya diri dan kaga pendiem lagi. 

c.  suka menolong

bapakku ini sangat suka sekali membantu orang.prinsipnya adalah "selama kita bisa ngebantu orang,kenapa ga kita bantu?nanti pasti kalau kita ada masalah juga akan diberi kemudahan oleh Allah".itulah yang selalu diingatkan oleh beliau ini kepada gue,"jangan pernah berfikir dua kali untuk menolong orang".setiap makan di pinggir jalan dan ada orang ngamen yang dateng silih berganti,pasti dikasih melulu.ga pernah diana menolak untuk menolong orang.sementara gue??gue ga pelit.cuma kadang kalau lagi makan trus ada orang yang ngamen silih berganti,dikasih yang satu trus dateng lagi yang laen,kadang kadang gue bosen juga.yang ujung ujungnya adalah berkata "maaf ya mas".ini lah yang ingin gue ajarkan ke anak gue,jangan pernah bosan menolong orang.karena tidak ada orang yang miskin karena menolong orang lain.

3. my mother

a.penuh perhatian

akik ingin anak tertayoung ku ini menjadi anak yang penuh perhatian seperti mamitaku.mamita ku memang cewewet,tapi yah mamita mana sih di dunia ini yang engga cewewet.bahkan gue hakkul yakkin nanti juga pasti bakal bawel banget sama keyla.dibalik kecewewetannya ini,mamakku ini penuhh dengan perhatian.sekarang aja nih.diana rela bolak balik jakarta padang demi menemani sang cucu tertjinta padahal bapakku masih di padang.kalau asisten di rumah pada bermasalah (pulang kampung atau sakit),akik akan langsung merajukk "ma,ga ada mbak nih.mama kesini dong temenin keyla" dan ngeeenggg..langsung mamita berancuss dari padang menuju yakarta ini.akik kan manja yes.jadi kalau pilek dikit "ma,ga nafsu makan.suapin dong".sedangkan gue??gue ini anaknya agak cuek.i admit it.mungkin karena gue adalah anak tunggal yang dari kecil selalu mendapat perhatian full dari bapake dan mamake.gue ga pernah berbagi dengan orang lain.gue terbiasa dengan kondisi dimana gue selalu menjadi perhatian.hal ini tinta oke,cin.hal ini menyebabkan gue jadi cuek.agak kurang peka dengan keadaan sekitar.and i dont want my daughter to be like me.gue ingin dia menjadi anak yang penuh perhatian terhadap orang lain.makanya gue ga pengen punya satu anak.ya minimal dua aja deh.tiga juga kaga berani.takut gemporrr,kakaaakkk.jadi kalau anak gue punya saudara kan mereka bisa saling berbagi.

b. jago masak dan doyan bersih bersih

kan akik udah bilang yes kalau masakan mamita ku ini paling jawara sedunia.pokokna mah masakan mamaku nomor satu.sementara gue??kaga bisa masak.modal nekat juga ini misua ngawinin perempewi macam gue.masak kaga bisa,beres beres rumah pun males.sampe sekarang pun mamita ku ini masih masak.karna papita ku ga mau makan kalau bukan masakan nyokap.untuk masalah bersih bersih jangan ditanya.mamakku ini adalah ahlinya.waktu gue masih tinggal di Padang,kamar gue adalah bagian rumah yang paling dibenci oleh nyokap.karena ruangan ini adalah satu satunya ruangan paling kotor yang ada di rumah gue.sementara bagian lain,bersih mengkilat tak ada satu debu pun yang menempel.cemana kaga bersih.wong rumah disapu dua kali sehari.sementara kamar gue seminggu sekali pun udah syukur.makanya kalau gue di kamar dan mendengar suara langkah kaki mendekati kamar gue,hati ini langsung kebat kebit.mamaku akan datang untuk sidak.dan gue selalu diomelin. "ini kamar anak gadis macam apa kotor beginiiiiiiii?" *pake suara 8 oktaf.hetti koes endang kalah.

c. well-organized

mamita ku ini sangat well-organized.semua hal dan kegiatannya tersusun dengan baik.semua peralatan tersusun rapi.sejak gue kecil,gue selalu merhatiin gimana caranya mamitaku ini mengatur keuangan rumah tangga.setiap tanggal 1 dan ketika papita menyerahkan gajinya untuk biaya rumah,nyokap langsung masukin ke dalam beberapa amplop.amplop amplop itu masing masing ada tulisannya.mulai dari rekening listrik,air,telfon,gaji ART,belanja bulanan,belanja lauk,uang sekolah listi,uang les listi dan biaya tak terduga.begitulah cara diana mengatur keuangan agar duit yang dikasih bapakku cukup untuk satu bulan ke depan.setiap mau keluar rumah untuk mengurus beberapa hal,diana selalu bikin list dulu di sebuah kertas yang berisikan kemana saja tujuan perjalanan dia hari ini.misalnya:tukang jait,pasar kain,beli makanan kucing,beli sayur.dengan begitu dia bisa mengatur perjalanan seefektif dan efisien mungkin agar tidak buang buang waktu dan buang buang bensin karena harus bolak bolak.sementara gue??boabo..gue ini anaknya sangat sangat tidak well-organized.lemari baju gue aja berantakannya kaya abis kena badai katrina.lemari misua gue jauh lebih rapi dari gue.untuk masalah keuangan pun begitu.gue sangat sangat susah untuk mengatur keuangan.hari ini nabung,minggu depannya udah diambil lagi.kata misua gue "ATM nya gausah dibawa bawa.biar ga ngambil duit melulu".tapi tetep aja godaan syaiton bernama sale selalu lebih menggoda.


well,itulah harapan harapan gue.yaaa,as a mother ga salah dong kalau gue selalu berharap semua hal yang sempurna untuk anak gue.pasti semua ebo ebo di duni ini begitu kan??yah,sekarang tugas gue adalah berdoa dan berusaha agar semua sifat sifat di atas yang gue harapkan itu bisa gue tanamkan ke anak tertayoung ku ini..

AMIN.


No comments:

Post a Comment