Wednesday, September 18, 2013

update seputar body

selamattt pageeeeee..sebenernya pagi ini ada kerjaan,tapi lagi ingin magabut ahh..semoga aja komputerku ga diintipin pak menejer.

jadi kali ini gue pengen berbagi cerita tentang seputar badanku.kayanya gue udah pernah cerita yah kalau gue mengalami kenaikan berat badan sekitar..hmm ya segitu deh..20 kilooo aja dong kakaaaaa..trus kan yah pas blogwalking ke mahmud mahmud (mamah muda) pada cerita kalau setelah bayi keluar,berat badan akan langsung turun sekitar 7 kiloan deh.hati ini langsung bersukacita.berarti nanti setelah anak ini keluar dari vajayjay,beratku langsung berkurang 7 kilo jadi nyisanya hanya 13 kilo.udah gitu kan pada berkoar koar nih katanya kalau kita punya newborn baby dan breastfeed,berat badan jadi cepet turunnya.soalnya kan bakal begadang tiap malem.dan itu bikin berat badan cepet turunnya.temen gue yang netekin anaknya,dalam 3 bulan berat badannya langsung balik lagi.jadi pas dia masuk kantor,kita semua udah lupa kalau diana udah punya anak.abisnya bodynya langsung aduhai semlohay lagi.jadilah hati ini masih full pede kalau bodyku pasti cepet lagi baliknya.

lalu begemana dengan kenyataannya???




kenyataannya pait jonih!!



setelah si upik berhasil keluar dari perut empuk ibunya ini,gue pun buru buru nyari timbangan.untuk memastikan sudah berapa belas kilo yang menghilang dari tubuh gue (berapa belas kilo???emangnya beranak gajah!!).pas ngeliat angka ditimbangan..whatttt???ini pasti timbangannya rusak.ga mungkin ini..gak mungkin.berat yang berkurang cuma 4 kilo aja dongggggg..kok isoooo??ini sih cuma berat anak gue doang.siapa yang bilang bisa berkurang sampe 7 kilo??sini ingin kubanting timbangan orangnya.

pun begitu kenyataannya dengan teori begadang dan menyusui.kaga ada yang ngaruh sama gue.begadang sih iya.menyusui pun iya.tapi berat badan ini tak kunjung turun.kurus kaga,mata panda iye.begadang tiap malam menyebabkan mataku menjadi bertambah hitam.menyusui pun tidak menghasilkan turunnya berat badan.cemana mau turun.wong saban abis netekin anak,gue langsung buka kulkas nyari nyari makanan.atau ubek ubek lemari mencari sesuatu yang bisa gue cemilin.makan gue pun menjadi sangat sangat super banyak.kalah deh porsi orang abis ngebecak...

masa masa abis melahirkan itu bagi gue adalah masa yang paling gelap.gue bener bener merasa jadi wanita terjelek sedunia.kaga ada bagus bagusnya.mata panda yang semakin hari semakin menghitam (ga perlu make up smokey eyes lagi),lemak lemak yang beleberan dimana mana,sehari hari cuma pake daster.fix mirip banget sama inang inang.saban ngeliat kaca,rasanya ingin kubanting itu kacanya.kalau mau jalan jalan keluar nyari baju susahnya minta ampun.kaga ada yang muat.mau beli baju baru pun gengsi (sok iye.padahal mah takut frustasi soalnya ga ada ukurannya.masa balik maning beli baju hamil sik?).

dua bulan pertama tak bisa apa apa.pasrah dengan badan ini.

di bulan ketiga gue mulai sebel setengah matik.gak bisa.ini lemak harus dihapuskan.karna tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan.lalu gue mulai mencari cara.ingin mengurangi berat badan.lalu apa aja sik yang gue lakukan dalam usaha menurunkan berat badan ini??dan apakah berhasil???

1. no more nasi putih
gue mulai menyingkirkan nasi putih dan kembali lagi bersahabat dengan nasi merah.sebelum hamil sih gue emang makannya nasi merah.tapi pas hamil,jadi kaga doyan sama nasi merah.nyium baunya aja udah eneg.tapi demi berat badan,gue harus kembali ke nasi merah.ini adalah langkah pertama gue.jadi mau makan sebakul pun,tetep nasinya harus nasi merah

2.mengganti breakfast dengan oatmeal.
setelah berhasil mengganti nasi putih dengan nasi merah.langkah selanjutnya adalah mengganti menu sarapan.sebelumnya menu sarapanku adalah sepiring nasi plus lauk pauk dan sayur katuk ditambah dengan segelas susu full cream.dahsyat yah!!dengan menu begini,gue rasa gue bisa ngebecak dari pagi sampe malem.akhirnya menu sarapan pun diganti dengan oatmeal (yang kata misua mirip makanan ayam) dan susu pun diganti dengan skim milk.tapi tetep aja dua jam kemudian balik maning ngorek ngorek kulkas trus bikin roti bakar.ya sami mawon tho.

3. the power of wii

karna masih cutay (cuti).sempet kepikiran untuk ngegym lagi ahhhhh.tapi galau karna anakku gemana???si upik ini kan sangat bergantung sekali sama (tereroket) ibunya.kalau gue tinggal ngegym,gimana masalah neteknya.mau dikasi apa?air tajin?netek sama kucing? pake asi perahan juga ga rela.gak mau stok di freezer ku berkurang.sempet juga kepikiran beli treadmill biar bisa lari lari cantik sambil ngos ngosan.tapi setelah dipikir pikir ulang.gue itu bukan tipe orang yang bisa berhubungan baik sama treadmill.pan gue udah cerita,saban lari diatas treadmill gue sibuk melototin angka sambil mengumpat "ini kok udah begini tapi masih 5 menit aja".jadi dibatalkan niat untuk beli treadmill.tiba tiba ingat akan keberadaan wii yang nongkrong di sebelah tipi dan kaga pernah disentuh.kenapa gue ga olahraga pake wii aja?akhirnya mulai lagi deh ngoprek ngoprek cd wii dan nemu cd zumba.yuk marilah kita mulai ber zumba!!jadwal zumba pun jadi flexible.kalau si upik bobo,,ibunya mulai deh nyalain tipi dan wii dan bergeal geol bak gloria di madagascar.ga yakin sih lemak yang kebakar berapa.tapi bisa berkeringat lumayan bikin gue merasa sexy dan tiba tiba langsung merasa menjadi wanita sexy tapi pas ngaca balik lagi pengen mecahin kaca.

akhirnya cutayku pun habis.dengan body yang masih menyisakan 12 kilo ini,membuat gue harus beli baju kantor baru.benci akuuu.setelah balik kantor,pola makan semakin tak terkontrol.sarapannya sih boleh oatmeal.tapi jam 10an udah terhidang sepiring gorengan yang siap disantap bersama sama.ini cemana caranya biar bisa kurus lagi??mana kaga bisa wii lagi dirumah.

4.zumba
setelah mulai frustasi dengan berat badan yang tak kunjung turun ditambah dengan misua yang selalu manggil dengan "ibu gendut".ini tak bisa dibiarkan lagi.lemak lemak membandel ini harus segera dibasmi.aku ingin tubuhku yang dulu lagiiiii...akhirnya setelah merasa tidak punya waktu (read:males olahraga dirumah) dan ditambah lagi gue orangnya kompetitip,jadilah gue mantap untuk daftar zumba yang paling deket dari rumah.karna udah bayar per bulan,jadinya kan mau ga mau gue harus rajin dateng dong yah.kalau ga dateng kan sayang banget duitnya terbuang percuma.ditambah lagi kalau olahraga bareng bareng itu bikin semangat gue pol polan.kalau udah ngerasa kecapean trus ngeliat ada orang lain yang masih semangat loncat loncatan,api semangatku langsung menyala lagi *tempelin gambar miranda kerr di depan mata.

udah sekitar 8 bulan gue menjadi member club zumba deket rumah.tapi datengnya sih masih seenak jidat.kadang seminggu bisa empat kali (kalau lagi rajin) kadang sebulan bisa dua kali doang (hal ini bisa disponsori oleh anak lagi sakit atau bedinde lagi mudik).

5. ikut gerakan "indonesia makan sayur"
ceritanya sok sokan nih.pengen ikutan kaya kakak (ceile kakak..emang dia sudi punya adek kaya gue?) nadya hutagalung.kan gue demen ya mantengin instagramnya.yang juicing with nad.kok kayanya menggema kemana mana gitu.kalau gue telusuri lewat hashtagnya,banyak banget loh peminatnya yang saban pagi mamerin sarapan jusnya.dan waktu itu lagi semaraknya 30 days challenge nya.gue pengen ikut.akhirnya mencobalah gue ikut tantangan ini.hari pertama masih oke.hari kedua ga masalaahhh.mulai hari keempat,masalah pun timbul.ada beberapa masalah yang timbul ketika gue mengganti sarapan dengan jus ini.hasil pumping gue jadi lebih sedikit.lah ini pegimana caranya.kan anakku masih membutuhkan susu mamake ini.hal kedua adalah sarapan jus sayur dan buah di pagi hari menyebabkan gue selalu moncor moncor setelahnya.hal ketiga adalah perut gue kaga tahan laperrrrrr,mamakkkk..satu jam setelah ngabisin sebotol jus,perut gue mulai meronta ronta minta diisi lagiiii.ya akhirnya nyemil gorengan dahhhh..akhirnya gue hanya berhasil ikut tantangan ini selama dua minggu.akhirnya yuk ah balik maning sarapan roti saza.tapi lumenjen loh,ikut tantangan ini selama dua minggu bisa menghilangkan 2 kilo dari tubuhku.

6.jeniper
kan sekarang lagi jamannya infuse water yah.tapi gue kan orangnya ingin kurus tapi ogah rugi beli buah buahan mahal macam strawberry dan lemon.yang harganya amit amit.akhirnya setelah nonton youtube,dan mendengarkan penjelasan dari tante sophie navita,katanya bisa diganti dengan "jeniper" alias jeruk nipis peres di pagi hari.katanya sih bagus untuk detox dan membuang lemak lemak.jadilah sekarang setiap pagi bangun bobok,gue langsung ujug ujug ke dapur bikin jeniper dengan segelas air anget.sambil komat kamit baca mantra "ayo ramuan jeniper.hancurkan semua lemak lemakku..hancurrrkaaaaannnn." *sembur 77 kali.


setelah melakukan semua hal diatas,apakahhh berat badan gue berhasil turun???

jawabannya adalahhhh...



BERHASILL..BERHASILL..BERHASILLL *loncat loncat ala dora.

gue berhasil menghilangkan sebanyak 12 kilo lemak membandel sisa melahirkan.sekarang berat badan gue sudah kembali seperti sebelum hamidun.berapa??ya segitu deh..rahasia!!!apakah gue bahagia??iya dongsss..

karena gue merasa lebih percaya diri.selama ini motivasi gue menurunkan berat badan hanya satu.yaitu to look good naked (ya pastinya di depan laki sendiri dong.masa depan laki orang *hush!).karena kalau badan sudah kembali bagus,pastinya pake baju apapun jadi oke.kalau gendut,mau pake lingerie sexy pun gue merasanya kaya buntelan.lagian misua gue pun tidak setuju kalau gue badannya mengembang,diana bilang "gimana mau ngurus suami dan anak kalau ngurus diri sendiri aja ga bisa".itulah motivasi gue untuk menurunkan berat badan.

apakah sekarang gue masih berolahraga dan menjaga makan??masih.tapi bukan untuk menurunkan berat badan lagi.tapi untuk lebih sehat.lagian selama ini gue juga ga clean eating banget kok.gue masih makan sembarangan.cuma frekuensinya aja yang dikurangi.cemilan gorengan sekali2 aja,kalau mau ngemil ganti sama kacang kacangan,banyak minum air putih,makan junk food pun dikurangi banget.

gue pengen umur panjang.bisa ngeliat anak gue nikah,bisa gendong cucu cucu gue nantinya.lagipula setelah rutin berolahraga,gue ngerasa kalau ga olahraga itu kok ya kayanya ada yang kurang.badanku berasa berattt banget.kalaupun bisa nurunin berat badan lagi,itu gue anggep bonusnya aja.

tapi sekarang walaupun berat badan sudah kembali normal,tapi perutku ini belum kembali rata.ya maklum saza kan habis melarrrrr.jadi gue pengen banget ikut pilates.setelah intip intip instagramnya tante titi dj,andien,itu bodynya pada aduhai semua karna pilates.perutnya rataaa.gue jadi sirik dan pengen juga.tapi mengingat biayanya yang mahalnya ga kira kira.yah mending sekarang nabung dulu deh atau bisa juga merayu rayu misua biar bayarin.kan kalau estrinya ini bodynya sexy,yang seneng kamu juga,wahai suamiku!!


ada ikan paus
foto yang lagi dempulan dikit ye

No comments:

Post a Comment