Sunday, September 8, 2013

730 days

apa sih 730 days???kaya nomer togel yah???730 days itu artinya adalah hari pernikahan gue dengan misua yang saat ini sudah 730 days alias 2 tahun.lagi anniversary yah??yoiiii,mamennn..

karna lagi edisi anniversary,gue lagi pengen bercerita tentang cara berkenalan gue dan misua.


I’m gonna tell u about how i met my husband.i honestly said that my husband is actually not my type. Jauh banget dari tipe pria yang gue suka dan mau gue jadiin pacar. Kita ketemu juga dengan cara yang a bit weird and funny. But i’m happy that i have that kinda story. So, when my children ask me “ibu dulu ketemu ayah gimana?”, i will be so happy to tell them. 

Me and my husband dipertemukan oleh sebuah perkembangan social media bernama facebook.bukann..kita bukan iseng2 kenalan di facebook. I didnt add random guy or he added random woman trus minta kenalan lalu chat sambil berkata "hi,n4k m4n4.l3h n4l??".bukan kaya begitu ceritanya. Waktu gue baru pindah ke Melbourne, tante tis (istrinya om gue) berniat mengenalkan gue ke anak temennya om gue. Tp karna waktu itu gue punya pacar dan lagi sedihnya2 karna baru aja merasakan LDR, gue pun dengan serta merta menolak tawaran tante gue.wong tiap malem gue kerjaannya memandangi langit dari kamar apartment sambil bbman rindu rinduan.lah pegimana ceritanya ini si tante malah mau ngenalin sama pria lain?? Tadinya om gue berniat mengenalkan gue ke anak temennya bernama Bayu Adyasa Effendi. Sedangkan suami gue bernama Tesar Otto Dinata Effendi. Benar, Bayu ini adalah adek dari suami gue. Tapi waktu itu Bayu juga punya pacar dan akhirnya pilihan beralih ke kakaknya yang waktu itu ga punya pacar (kalau suami gue sih ngakunya,dia punya kualifikasi tinggi untuk punya pacar.makanya waktu itu masih el jomblo.yaelah bang.jomblo mah jomblo aje.) Tapi karena waktu itu gue menolak untuk dikenalkan, akhirnya niat itu pun berhenti. 9 bulan kemudian, gue putus. Satu minggu setelah gue putus, gue dapet message di facebook dari  Tesar Otto Dinata Effendi. Isinya “Hi. Kenalin aku Tesar. Anaknya Pak Syahr*l. Temennya Pak In. Should i call you Engla or Listi”. Gue yang waktu itu bingung, gatau mau jawab apaan, akhirnya dibantuin sepupu gue buat bales messagenya.tapi Cuma sekali kok, message keduanya gue bales sendiri. Then, kita message2an di fb.satu satunya cara berkomunikasi kita adalah lewat message fb doang.karna ga bisa ketemu langsung,maka gue hanya bisa meneliti wajah si bapak tesar ini lewat foto fotonya doang.dari foto fotonya gue bisa melihat bahwa dia doyan motret motret dan juga doyan diving.satu foto yang paling gue benci ketika itu adalah foto dengan telanjang dada (katanya sih abis diving.feeling gue sih abis mancing di empang) dan berdiri di depan kapal yang ada tulisan "tetep demen".ya gusti.pegimana mau demen kalau stelannya begini??

Sampe akhirnya dia minta pin BB.oohh gue baru tau ternyata waktu itu dia ga punya bb. Dia baru beli BB dan minta pin BB gue. But , i honestly sampe sekarang gatau kenapa suami itu ngirim message di waktu yang tepat banget. Satu minggu setelah gue putus.(pasti udah ngincer gue banget yah ini orang *jumawa)

Akhirnya kita mulai sering bbman. selama bbman pun kita masih belum pernah ketemu langsung.komunikasi hanya lewat bbm doang.bahkan video call pun tak ada.tiba tiba di suatu malam dimana gue udah siap siap dengan kostum bobok,rambut acakadul,pake jaket super tebel,kaos kaki dan ngumpet di bawah selimut karna di Melbourne lagi winter,si lelaki ini nanyain "eh kamu punya skype ga?apa username nya??".setelah gue kasih username gue,eh dodoe ga nyampe 10 detik dia langsung ngubungin skype gue.ini kaga bisa nunggu sampe besok siang aja apa skype nyahh??kan disini udah kaga ada cakep cakepnya lagi mukanya.maka dengan terpontang panting gue langsung nyari sisir biar ga keliatan kaya nenek sihir.kaga pake bedakan apalagi gincuan.wong skypenya udah krang kring krang kring melulu.itu lah pertama kalinya gue ngeliat secara langsung gambar bergerak dan bersuara dari si lelaki ini.biasanya kan cuma denger suaranya doang.pertama kali ngobrol eh tiba tiba bapak ibunya nongol dari pintu kamar.afa afaan ini??kenapa aku jadi diserang begini..??

Sejak saat itu kita makin sering skype2an..pokoknya jadwalnya adalah jam pulang kantornya misua sekitar jam 7 di Indonesia,berarti jam 11 malem di gue.atau jam 12 siang pas gue istirahat siang,yang berarti jam 8 pagi di Indonesia atau lebih tepatnya lagi doi bela belain skype pas baru nyampe kantor.niat banget ya pengen liat akik??untung ga ketauan bos trus di pecat.

Suami gue itu bukan tipe yg romantis. Dia ga pernah bilang “aku suka sama kamu. Mau ga jd pacarku?”. Jadi gue kesel sendiri.soalnya bbman lancar,skype rutin,telfonan sering eh tapi kok ga jelas begini statusnya.ih tau begini kan gue macarin bule bule disini aja. Karena waktu itu gue yg masih ABG butuh tanggal jadian.karena gue ngambek, akhirnya suamipun bilang “yaudah.kita hari ini aja jadiannya”. Waktu itu tanggal 17 September 2010. Sama sekali ga seperti yg gue harapkan!!!gue pengen punya pacar romantis. I expected dia bakal dateng ke melbourne buat nembak gue. Or at least di Skype sambil ngomong serius, megang bunga or apa kek yang menunjukkan kesan romantis. Tapi ini sama sekali ga ada. Akhirnya kita mulai pacaran.

pacaran tanpa pernah ketemuan.sounds weird.

 Bulan Oktober gue liburan semester.dan mau pulang ke Indonesia atau lebih tepatnya ke Padang.liburannya sih cuma sebentar.2 minggu.temen temen gue sih pada kaga pulang.mereka pada mau explore Aussie katanya.ada yang ke perth,ke goldcoast,sydney.tapi gue yang memang anak mami ini udah terlalu rindu sama rumah,ya harus pulang dong.dan kepulangan gue kali ini akan menjadi pertemuan gue dan si bapak Tesar ini untuk pertama kalinya.beberapa hari sebelum pulang,gue sempet mengalami kegalauan yang luar biasa.kenapa??soalnya kita udah jadian tapi kan belum pernah ketemuan.nanti gimana ceritanya inih pas ketemuan di erpot.soalnya si misua ini udah berjanji akan menjemput gue di erpot.gue galau harus bagaimana.mau ngomong apa.apa mau salaman dulu?atau say "hi".pasti bakal kaku deh suasananya.

akhirnya hari kepulangan gue datang jugaa..waktu itu Garuda Indonesia lagi kacrut banget.gue yang harusnya berangkat pagi dan siang udah nyampe di jakarta,di delay jadi berangkat sore dan dipastikan akan sampai di Jakarta itu tengah malem buta.seketika papita dan mamita di Padang langsung panik.ini anak gadisnya mau dijemput orang yang baru dikenal di malem malem buta begitu.apa kaga dilariin ke hotel esek esek nantinya???papita dan mamita langsung heboh.akhirnya om gue yang meyakinkan bahwa si pria ini ga bakal macem macem karna om gue kenal deket banget sama orang tuanya.akhirnya sampe juga gue di Jakarta jam 12 malem.pas baru ketemuan,gue clingak clinguk nyari wujud nyata dari pria yang selama ini cuma gue liat di laptop.pan baru nyampe jakarta yah.nomer Indo pun ga aktif lagi.mau nelf dia ga bisa.untung waktu itu gue satu pesawat sama temen kampus.akhirnya gue minjem henfon bokapnya dia buat nelfon si tuan tesar ini.rasanya kesel banget.gimana sik??niat jemput ga sih ini??kok pake acara telat segala.bukannya dateng lebih awal.gue putusin juga deh abis ini.sebel setengah mati.

setelah gue telfon,ternyata dia nunggu di pintu sebelah kanan.sementara gue nunggu di pintu sebelah kiri.pantes aja ga ketemu.mau nunggu sampe lebaran pun pasti ga ketemu lah.untung aja gue jenius pake minjem henfon bokap temen.next time tolong dijelasin yah ketemuannnya di pintu kiri atau kanan.

setelah telfon ditutup,gue ngeliat ada sesosok pria lari larian dari ujung ke arah gue.mukanya panik.gue yang tadinya mau marah,urung marah.kasian udah keringetan.akhirnya kita ketemuan juga.untuk pertama kalinya.dan hanya berkata "hi" lalu berjalan masuk ke mobil dan dianter ke rumah om gue.

begitulah cerita perkenalan dan pertemuan gue untuk pertama kali dengan lelaki ini.besok paginya gue berangkat ke Padang,diana ikut nganter ke Padang loh,kakakk..gue heran.setelah nganter gue sampe rumah,eh dia ujug ujug ngomong sama papita gue kalau dia mau serius sama gue.yassalam.papita dan mamita ku siyok.cemana ceritanya ini nganterin ke Padang kok tau tau ya maen ngelamar aja.gue pun terheran heran.antara bahagia dan bingung.bahagia karena gue melihat memang pria ini serius sama gue.tapi bingung karena aku belum siap kawiiinnn,mamakkkkk..ngurus diri sendiri aja belum becus apalagi ngurusin anak orang lain.apalagi nanti ngurusin anak sendiri.mati berdirilah gue.lagipun aku masih ingin bersenang senang.kelayapan kemana mana.gue mulai galau.akhirnya bokap gue menjawab dengan bijak "kalian kan baru kenal.coba dulu lah saling mengenal sifat masing masing.lagian listi masih sekolah.tunggu dia selesai dulu ya"

dua minggu di Padang,si bapak Tesar ini selalu mengunjungi gue setiap weekend.(niat ya bokk.jakarta-padang every weekend).akhirnya my holiday was over dan sudah saatnya gue balik ke Melbourne untuk menuntut ilmu.selama di Melbourne,komunikasi kita terus jalan.bbman setiap saat,skype 3 kali sehari,telponan sekali sekali doang soalnya mahal cin.waktu itu adalah semester terakhir gue kuliah.yang artinya adalah gue akan segera kembali ke tanah air.good news buat si lelaki karena emang udah niat banget pengen ngawinin akik,tapi bad news bagi gue karena gue masih ingin tinggal disana.selama semester terakhir gue disana itu,si pria ini sempet mengunjungi gue pas akhir tahun (tuh kan keliatan niatnya full banget).akhirnya semester terakhir pun selesai.dengan berlinang air mata gue balik ke Indonesia.baibai Melbourne.

setelah balik ke Indonesia,si lelaki ini kembali menghadap bokap gue untuk kembali menyatakan niatnya.hati gue waktu itu pun sudah semakin mantap untuk serius dengannya.memang gue ga pernah berniat untuk menikah di usia semuda itu,tapi ya kita kan ga pernah tau rencana Allah.akhirnya papita menerima lamaran si pria ini.dan meminta keluarganya datang ke Padang untuk membicarakan lebih serius.seminggu setelah itu,orang tua si lelaki ini datang ke Padang dan memutuskan acara pertunangan akan dilakukan pada bulan April.

dua minggu jadi pengangguran,gue langsung dapet kerjaan.yang mengharuskan gue untuk menjalani training selama 4 bulan di Cilegon.maka balik maning kita ke LDR.tapi tiap weekend ketemu sihhh..

Lamaran kita itu di bulan April 2011 tapi tanggalnya lupa (macem apa sih gue ini.masa tanggal lamaran sendiri lupa!).dan diputuskan bahwa acara akad nikah akan dilangsungkan pada tanggal 9 September 2011.

ini yang boneng gue mau kewong???emang siap??auk aaahhh..que sera sera.whatever will be will be!

dari bulan April sampai September itu adalah hari hari yang sangat berat menurut gue.karna waktu itu gue di Cilegon,si Calon suami ada di Jakarta sementara acara akan dilaksanakan di Padang.aku Pusiaaaanggg..tiep weekend harus bolak balik cilegon jakarta untuk ngurusin undangan,baju gue,baju seragam,souvenir.belum lagi nyokap nelfon dari Padang curhat masalah persiapan di Padang.

Jadi gue dan suami punya acara masing masing.akad nikah akan dilaksanakan di Padang dilanjutkan dengan resepsi di Padang karena orang tua gue tinggal di Padang.lalu minggu selanjutnya akan ada resepsi kedua di Jakarta karena keluarga misua tinggal di Jakarta.

jadilah kita stressnya double.ngurus undangan double,fitting bajunya double,souvenir pun double.gue dan si cami pada saat itu termasuk ke dalam golongan pasangan-yang-berantem-setiap-hari-disaat-pra nikah.seriosa cinnn.kita ribut setiap hariiiii.bukan ga pernah gue nangis nangis minta batal kawin aja.ga cuma sekali loh.bahkan beberapa kali gue nangis sesegukan sambil berkata "udahlah batalin aja semuanya".untung si cami saat itu bisa berkepala dingin dan mampu menenangkan gue bahwa "ini semua cobaaan".

akhirnya bulan September dateng juga.yang artinya adalahhh "mamakk aku mau dikawinin ini sebentar lagiii".aku bahagia karena hore ojos ojosan udah halal sebentar lagi udah ada temennya kalau bobok tapi galau karena nanti kalau punya suami jadi ga bisa kelayapan lagi.doa ku hanya satu "semoga suamiku tak pernah melarangku untuk beli sepatu".

Hari yang dinantikan akhirnya datang jugak..9 September 2011.Engla Sulistia binti Syamsul Amar akhirnya dinikahi oleh Tesar Otto Dinata Effendi.dan hari ini adalah 9 September 2013.yang artinya adalah sudah 730 hari alias 2 tahun gue dan misua bobok di satu kasur,melewati hari hari bersama dengan ups and downs nya.gue ga bilang bahwa kehidupan rumah tangga kami jauh dari pertengkaran.justru pertengkaran itu yang terkadang membuat hidup lebih berwarna.

gue sangat bersyukur diberikan suami seperti Bapak Tesar ini.dia mungkin bukan orang yang gue inginkan.tapi dia adalah orang gue butuhkan.karena gue percaya Allah memberikan apa yang kita butuhkan,bukan yang kita inginkan.


Terimakasih ya Ayah.sudah menjadi suami terbaik untukku.telah menjadi imam ku.telah mengajarkanku banyak hal.semoga kehidupan kita di hari hari berikutnya menjadi jauh lebih baik lagi.semoga kita bisa saling memperbaiki diri untuk menjadi pasangan yang lebih baik lagi.semoga kita diberikan umur yang panjang agar bisa merayakan anniversary anniversary selanjutnya bersama.

read this,husband!!

lebih tepatnya old,wrinkly and buncit




ps: dear husband,aku bela belain bobo jam 12 malem demi bikin video ini loh.jadi jangan lupa kado ya *pamrih




So,


HAPPY 2nd ANNIVERSARY MY DEAR HUSBAND







i love you



No comments:

Post a Comment