Friday, February 28, 2014

jalan jalan : surabaya


sedapppp..akhir akhir ini post nya tentang jali jali melulu macam horang kayahh..hahahahaha tinta kakaakkk..sebenernya yang kali ini sih bukan jalan jalan.tapi lebih tepatnya adalah ngintil suami yang menghadiri kondangan temennya.

jadi tanggal 10 januari kemaren (buset..udah satu bulan yang lalu baru diceritain sekarang..???bodo!!!) gue,suami,anak tayoung dan adek ipar berancus ke surabaya.ngapose??lah pan udah dibilangin ada kondangan.piye toh nanya melulu.jadi dulu suami gue dan adeknya yang bernama bayu ini kuliah di melbourne.tinggalnya satu rumah bareng bareng.salah satu housematenya ini namanya agung.wong suroboyo.nah si agung ini mau kewong dan mengundang suami gue dan adeknya untuk dateng.yowislah kitapun langsung memutuskan untuk dateng.

acaranya itu tanggal 11 januari atau lebih tepatnya hari sabtu.tadinya kita sempet bingung mau berangkat sabtu pagi aja atau jumat malem abis ngantor.kalau sabtu pagi berarti jamnya mata si neng lagi melek meleknya.yang artinya adalah kitorang khawatir anak ini akan mati kebosenan di pesawat.lalu diputuskanlah berangkatnya jumat malem aja abis ngantor.dan selidik punya selidik ternyata jadwal pesawatnya itu jam 22:30 alias setengki sebelas malem aja doloooo.buset kaga bisa lebih malem lagih??apa boleh  buat karna sama sama fakir cuti,kita pasrah aja dengan flight jam segini.mau berangkat lebih cepet gak keburu dari kantornya.

ternyata sehari sebelum berangkat,tepatnya hari kamis malem,gue gak enak badan.rasanya meriang belina.badan anget tapi kedinginan.sepertinya masih kecapean abis dari thailand minggu kemaren.jadilah gue gak berangkat ngantor di hari jumatnya.sebenernya sih kalau dipaksain ngantor bisa aja,tapi feeling gue mengatakan gue bakal tepar nanti waktu di surabayanya.lalu nanti anakku siapa yang urus??kucing??bapaknya doang mana bisaaa.akhirnya daripada tepar di surabaya,gue putuskan hari jumat itu tinta berangkat ngantor (maapkan bapak bos).seharian ini harus estirohat,mamam yang banyak,minum obat biar segeran.jadilah seharian di jumat itu gue hanya ngumpet di bawah selimut.dan syukurlah sorenya badan ini jadi entengan dan segeran.

jam 7 malem kitorang berancus ke airport.satu keluarga suami,estri dan anak dibungkus sama baju tebel.takut masuk angin.dan ternyata jalanan jakarta jam segitu macetnya neraka jahanam sekali.berangkat jam 7 dan kitorang baru nyampe jam setengah 10 aja dong.nyampe di airport langsung check in.lalu kita mojok dulu di bakmi GM.sang suami dan adek ipar belum mangan malem.setelah beres makan,kita langsung menuju waiting room karena udah jam 10.sebentar lagi boarding time.dan ternyata baru nyampe waiting room,udah ada pengumuman yang mengatakan pesawat didelay kurang lebih 90 menit.kampret!!1,5 jam????berarti berangkatnya jam 12 malem???ini gue mau ke surabaya atau ke amiriki sikkk???pasrah aku pasrah.untung ada adek ipar,jadi bisa ngebantuin ngangon bocah.jam 12 teng kita berangkat ke pesawat.di pesawat gue ga bisa tidur karena entah kenapa waktu itu kursi pesawatnya gak enak atau badan gue yang gak enak.pokoknya satu jam setengah berasa 1,5 tahun!!dan tebak kita nyampe hotel jam berapa??jam 3 pagi mbabrohh..berasa pulang dugem.tapi bawa anak.

kita nginep di hotel tantris.udah disediain sama agung yang punya hajat.jadi semua temen temen agung yang dari luar kota disediain hotel ini.pas nyampe hotel kita langsung te to the par..bo to the bok.tu to the ru.tepar,bobok,turu.ngorok!!capeknya luarrrrr biasaaaaaa.dan tiba tiba gue kebangun jam 7 pagi,itupun karena ada sms dari bayu yang mengatakan "ibu,aku berangkat duluan ya.mau ke pemberkatannya agung.kalau nanti ibu dan bang tes mau jalan,ada sopir dari agung.ini nomernya".wahhh agung ini baik sekali.hotel dikasi,sopir dikasi,kenapa gak sekalian sama tiket pesawat aja???terus oleh oleh juga kalau bisa. *ngelunjak.

kebangun jam segitu,gue langsung sigap buka koper dan ambil rice cooker untuk masak nasi si anak.apaaa??bawa rice cooker lagi???embyeerrr..berkaca dari ke thailand kemaren.gue merasa sangat aman dengan keberadaan rice cooker ini.jadi mau kemana aja hayuk.makanan anak sudah di tangan.gak perlu takut telat makan atau susah nyari makan.jadilah gue rela dipanggil nyonya rempong demi terjaminnya makan anak gue tertayoung.toh masaknya juga ga ribet.tinggal masak nasi doang.terus nanti angetin lauk yang udah mateng dari rumah.setelah nyalain rice cooker untuk masak nasi,guepun lanjut turu maning.karna mata ini rasanya masih nguantuk.dan kebetulan anak juga belum bangun.jam 8 kebangun lagi karena ada bell dari luar kamar.sapose sih yang ngebel?ternyata orang yang nganterin sarapan.jadi ya hotel tantris ini bukan hotel geda.hotel kecil.cuma segede rumah.tapi bersih dan nyaman walaupun bangunannya lama dan sejujurnya sedikit serem menurut gue yang emang dasarnya penakut ini.jadi disini sarapannya itu dianterin oleh karyawan hotel ke kamar kamar.sarapannya apa?nasi goreng dan segelas teh manis anget.gak masalah sih bagi gue.dikasih sarapan aja gue udah seneng.yang penting perut ini gak kelaperan.hamdalah gue anaknya bukan picky eater.dikasih apa aja hayuk.jam setengah 9 sang anak bangun.gue langsung gotong ke kamar mandi untuk dimandiin.lalu dilanjutkan dengan dikasih sarapan.beres urusan anak,gue pun menikmati sepiring nasi goreng dan teh angetnya.ternyata udah jam 11 aja.gue pun tiba tiba teringat untuk mesen lapis surabaya spikoe resep kuno.kapok dengan kejadian gak kesampaian makan spikoe resep kuno pas ke surabaya 6 bulan yang lalu,maka kali ini gue niat banget harus mesen.maka setelah nemu nomer telfon di om gugel,gue pun langsung mesen 3 kotak.1 untuk di rumah,1 untuk mertua dan 1 untuk dibawa mamita ke padang.lama lama kitapun mati gaya di kamar hotel.sampai akhirnya tiba tiba adek ipar ku nelfon,katanya kalau mau jalan jalan keluar dan nyari oleh oleh,dia nitip almond crispy cheese dong buat pacarnya.emang sih di jakarta si almond crispy cheese ini lagi famous sekali.katanya sih endes.tapi akik belum pernah nyobain.kasiman ya.

daripada lumutan di hotel,akhirnya kita minta anter sama sopir yang udah disedian untuk nyari si almond crispy cheese ini.nyarinya di pasar genteng aja.soalnya paling deket dari hotel.ternyata si crispy cheese ini ada 3 rasa.almond,green tea dan coklat.kita pun beli satu dus yang isinya dua puluh kotak.mau jualan neng??tinta mak.20 kotak ini terdiri dari 8 kotak pesanan sang adik ipar,5 kotak untuk temannya misua dan sisanya milik gue seorang.muahahahahaha.setelah mendapatkan si almond crispy cheese ini,kita pun nyari makan siang.bingung mau makan apa.menurut rekomendasi sang driver,katanya yang enak ya bebek.tapi akik kan ga doyan bebek.lalu kita melewati tulisan "rawon setan".ah menarik sekali.maka berhentilah kami disana untuk menikmati satu mangkok rawon setan.bagaimana rasanya?pedes.enak gak??lumayan sih.tapi gak luar biasa.setelah menikmati rawon setan,kitorang pun balik ke hotel karena udah jam 4 sore.

almond crispy cheese



si rawon setan
sampai di hotel,kita estirohat sebentar.jam 5 gue pun langsung mandiin anak.dan dilanjutkan untuk beres beres ke acara resepsi.acara resepsinya ini di grand city.jam setengah 7 gue beres dendong.bedak udah tebel,sedow udah on,gincu udah mentereng.siap diajak kondangan.nyampe disana ternyata acaranya cukup unik menurut gue.ini pertama kalinya gue menghadiri resepsi perkawinan yang modelnya begini.tamu tamunya duduk di kursi yang sudah ditentukan.makanannya pun gak prasmanan,melainkan dianterin satu per satu ke meja kita mulai dari appetizer,main course dan dessert.jenis makanannya pun buanyakk.jadi walaupun dikasihnya dalam porsi seuprit seuprit,tetep aja ujungnya begah karena kekenyangan.di acara ini gue happy,karena bisa ketemu sama temen temen kuliahnya suami.walaupun dulu gue dan suami gak pernah ketemu waktu di melbourne.pas gue baru kuliah disana,diana udah selesai kuliah.tapi gue sempet kenal beberapa orang temennya selama di melbourne.soalnya waktu gue masih disana,si bapak ini sempet sempetnya ngambil cuti 2 minggu untuk jengukin gue.jadi gue sempet kenal housemate si suami ini.acara resepsi ini selesai jam 10 malem.kita langsung dianter balik ke hotel.dan langsung ketiduran.

bersama temen suami dan adik ipar
selfie sukaesih emang lagi jaman nih.mumpung gincunya tebel

hari minggu pagi kebangun jam setengah 7 untuk masakin nasi anak.kemudian gak lama setelah itu anak kebangun,langsung dibangunin dan disuapin.pas lagi nyuapin anak,adek ipar ngebel kamar.nanyain kita mau kemana hari ini.lah kita sih gak ada rencana kemana mana.kan kitorang indang keluarga pamaleh.doyannya ngumpet dibawah selimut.dan ternyata agung mau ngajak kita sarapan.wah hebat.penganten baru bukannya mau estirohat atau ojos ojosan dulu gitu di kamar hotel??yaudah dimana ada makan gratis,disitu ada kami.hahaha.maka kitorang langsung mandi dan beres beres barang.karena katanya mau langsung check out aja.jurus melipat baju secepat kilatpun dimulai.jam 9 kita beres dan check out.sambil nunggu mobil dateng,lapis surabaya gue pun dateng.hatiku menyambut dengan hangat.sehangat lapis surabaya yang baru mateng ini.gak lama setelah itu kitapun berancus.sarapan di sate kelapa.tadinya gue pikir sate kelapa tuh ya kelapa yang di sate.maklum aku kan anaknya polos. *anjir polossss..ternyata mah tetep aja sate daging.di tempat sate kelapa ini ternyata ada bubur madura.kitapun nyobain.ternyata rasanya mirip sama bubur sumsum.lah bubur mah dimana mana rasanya begitu begitu aja deh ya.

bubur madura
boabo ini namanya bubur madura tak iye!!
rayuan sate kelapa.bukan rayuan pulau kelapa
setelah beres sarapan,kitapun diajakin ke rumah agung.disana ngapain?gak ngapa ngapain.cuma ramah tamah doang.ngobrol ngobrol sama nyokapnya yang sibuk nanyain kita mau makan siang dimana.mulai dari bebek sinjay sampe rujak cingur pun ditawarkan.jam 12 kita pun berangkat.ke pasar genteng untuk nyari oleh oleh.karena temen temen yang lain pada belum beli oleh oleh.sementara gue gak beli apa apa lagi.gue udah sangat bahagia dengan lapis surabaya dan almond crispy cheese.kelar urusan per-oleholehan di pasar genteng,kita pun diajak makan siang oleh nyokapnya agung.sejujurnya gue lupa nama tempat makannya apa.yang jelas itu restaurant indonesia.dan makanannya cukup enak.dan disana untuk pertama kalinya gue nyobain rujak cingur,yang pada akhirnya baru masuk mulut langsung gue lepehin karena tiba tiba gue kebayang idung sapinya.maafkan aku.

rujak cingur
beres makan siang,kitorang balik lagi ke rumah agung.untuk apa lagi?untuk beres beres barang.soalnya kan ada yang baru beli oleh oleh.jadi harus masukin barangnya lagi ke dalem koper.jam setengah 4 kita berancus ke airport karena flightnya jam 5 sore.alhamdulillah pesawat kali ini gak pake delay kaya pas berangkat yang hampir bikin gue bunuh diri.kita pun sampai di jakarta jam 7 malem dengan kondisi badan yang lemah letih lesu luar biasa.dan ditambah lagi besoknya harus ngantor.oh lengkap sudah.

Sekian laporan dari hasil ngintil-suami -kondangan-ke-surabaya kali ini.gue sekeluarga ini mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya untuk agung,istrinya dan keluarganya.thanks for your hospitality.terimakasih atas semuanya.kitorang sangat senang dan bahagia sekali.see you soon.


terimakasih ya om dan tante semuanyaaa..

No comments:

Post a Comment